Rabu, 24 Oktober 2012

Organisasi, Manajemen, Tata Kerja, dan Keterkaitannya

Pengertian Organisasi :

Organisasi (Yunani: ὄργανον, organon - alat) adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.

Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.


Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli :

  • Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
  • James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  • Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  • Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.



Pengertian Manajemen :

  • Ricky W. Griffin : manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien
  • James A.F. Stoner : Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.


Hubungan Manajemen dan Organisasi :

Untuk mencapai tujuan-tujuan umum dalam suatu organisasi, maka dibutuhkanlah manajemen untuk mengelola  sumber-sumber organisasinya.


Pengertian Tata Kerja :

Tata kerja adalah pembentukan sebuah strutur kerja yang disusun dengan membentuk badan utama yang bertugas membuat skat-skat bagian dari sebuah organisasi atau anggota kelompok.


Hubungan Manajemen dengan Tata Kerja :

Manajemen dan tata kerja sama halnya seperti manajemen dan organisasi keduanya saling berkaitan erat satu sama lain. Dalam melakukan suatu  manajemen yang baik, tata kerja haruslah sangat diperhatikan karena apabila masing-masing anggota tidak dapat melaksanakan pekerjaan sesuai yang telah ditetapkan maka dapat menimbulkan masalah dalam menajemen itu sendiri.


Hubungan Manajemen, Organisasi dan Tata Kerja :

Maka dapat diambil kesimpulan bahwa organisasi, manajemen dan tata kerja adalah suatu keterkaitan. Dalam sebuah organisasi, haruslah mempunyai suatu manajemen terstruktur yang  tentu pelaksanaannya harus sesuai dengan tata kerja yang telah ditentukan sehingga tujuan bersama (visi) orgasisasi dapat tercapai.


Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar