Selasa, 23 April 2013

Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran

Permintaan adalah jumlah barang yang diinginkan dan dibeli oleh konsumen pada tingkat harga dan waktu tertentu.

Hukum Permintaan berbunyi jika harga suatu barang naik, maka jumlah barang yang diminta akan berkurang. Dan sebaliknya, jika harga barang turun maka jumlah barang yang diminta akan naik/bertambah.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan :

  1. Pendapatan konsumen
  2. Harga barang substitusi dan komplementer
  3. Selera konsumen
  4. Jumlah penduduk
  5. Perkiraan harga ke depan.

Penawaran adalah kemampuan penjual untuk menawarkan jumlah barang dalam tingkat harga dan pada waktu tertentu.

Hukum Penawaran berbunyi jika harga suatu barang naik, maka jumlah barang yang yang ditawarkan akan bertambah. Sebaliknya, jika harga suatu barang turun maka jumlah barang yang ditawarkan akan berkurang.

Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran :

  1. Biaya produksi
  2. Kemampuan perusahaan berproduksi
  3. Harapan perusahaan
  4. Ketersediaan sumber produksi
  5. Jumlah barang yang diminta konsumen.


Maksud dari barang substitusi dan komplementer :

Barang substitusi adalah barang pengganti karena fungsinya sama. Contohnya, seperti teh dan kopi . Kalau harga kopi naik, maka orang cenderung lebih memilih teh.
Barang komplementer adalah barang yang selalu digunakan bersama-sama (pelengkap). Contohnya, Permintaan kopi dan teh bertambah maka permintaan gula ikut bertambah. Karena gula merupakan pelengkap.
Cara agar permintaan di pasar naik, namun harga tetap stabil agar konsumen tetap memilih produk tersebut adalah produsen harus kreatif / inovatif / kreatif dalam mengingatkan konsumen. Ikuti perkembangan zaman. Jangan cepat puas dengan hasil yang telah didapat, karena kompetitor tetap membayang-bayangi.

Dengan studi kasus yang telah dijelaskan mengenai kenaikan harga BBM, pemerintah telah mensiasati berbagai cara dengan cara memberikan bantuan langsung tunai dan tambahan subsidi untuk masyarakat kelas menengah ke bawah. Permintaan BBM tidak turun dengan harga yang naik karena masyarakat memang sangat membutuhkan BBM untuk kebutuhannya. Sedangkan BBM bukan barang substitusi yang tidak ada penggantinya.

0 komentar:

Posting Komentar